TIWIKRAMA https://jurnal.sman1purworejo.sch.id/index.php/tiwikrama en-US Sat, 26 Nov 2022 01:25:27 +0000 OJS 3.3.0.7 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENGEMBANGAN PERILAKU ASERTIF DI SMA N 1 PURWOREJO https://jurnal.sman1purworejo.sch.id/index.php/tiwikrama/article/view/23 <p>Upaya untuk menciptakan suasana belajar di sekolah yang aman, kondusif, dan inklusif <br />masih banyak mengalami kendala. Kekerasan fisik, psikis bahkan kekerasan seksual masih kerap <br />terjadi di lingkungan sekolah maupun pesantren. Penulis mengadakan penelitian dengan tujuan <br />mengamati pola perilaku siswa yang mendukung terciptanya suasana lingkungan yang bebas <br />kekerasan di SMA Negeri 1 Purworejo. Berdasarkan pengamatan di SMA Negeri 1 Purworejo <br />selama ini bebas dari kekerasan,siswa-siswa berperilaku asertif. Lingkungan fisik maupun sosial <br />sangat mendukung sehingga hasil belajar siswa dan prestasi siswa maksimal. Terbukti SMA N 1 <br />mendapatkan predikat 100 terbaik versi UTBK yang diterbitkan oleh LMPTN dan siswa yang <br />masuk PTN melalui jalur SNMPTN terus naik secara signifikan.</p> <p>Kata Kunci : pola perilaku, asertif, prestasi</p> Nur Aziz Copyright (c) 2022 TIWIKRAMA https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.sman1purworejo.sch.id/index.php/tiwikrama/article/view/23 Fri, 25 Nov 2022 00:00:00 +0000 BUDAYA MELAYU MENAKAR KEBERHASILAN REVITALISASI BUDAYA MELAYU OLEH YUDHISTIRA MASSARDI MELALUI NOVEL ”PENARI DARI SERDANG” https://jurnal.sman1purworejo.sch.id/index.php/tiwikrama/article/view/19 <p>Novel “Penari dari Serdang” berkisah tentang seoarang pegiat seni yang ingin menghidupkan Kembali Budaya Melayu. Pertemuannya dengan seorang wartawan membuatnya semakin terobsesi untuk menjalankan revitalisasi Budaya Melayu yang pernah Berjaya. Telaah novel ini bertujuan untuk mengungkapkan upaya-upaya Yudhistira Massardi untuk mengangkat Kembali popularitas Budaya Melayu, menunjukkan cara-cara yang digunakannya dalam novel, dan menimbang keberhasilan upaya tersebut. Telaah novel ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan teknik deskriptif untuk mengungkapkan hasil analisis. Pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumen atas novel berjudul “Penari dari Serdang”. Data yang terkumpul disajikan secara deskriptif. Dari pengumpulan data diperoleh hasil bahwa novel “Penari dari Serdang” ini merupakan perpaduan kisah penyelamatan Budaya Melayu dengan kisah cinta yang dikemas secara terbuka.</p> Puji Handayani Copyright (c) 2022 TIWIKRAMA https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.sman1purworejo.sch.id/index.php/tiwikrama/article/view/19 Fri, 25 Nov 2022 00:00:00 +0000 PENING BERSAMA PROCOL (PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERSAMA PROYEK KOLABORASI ) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA BAGI SISWA KELAS XII MIPA-6 SEMESTER 5 SMAN 1 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2021/2022 https://jurnal.sman1purworejo.sch.id/index.php/tiwikrama/article/view/25 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kimia&nbsp; siswa SMA Negeri 1 Purworejo kelas XII MIPA 6. Dalam mempelajari materi kimia, siswa perlu memahami konsep, dan penerapan di lingkungan sekitar secara nyata (kontekstual) untuk memecahkan suatu permasalahan kimia. Diperlukan banyak sekali latihan dalam reaksi-reaksi kimia. Akan tetapi , siswa cenderung&nbsp; kurang latihan&nbsp; sehingga menganggap kimia itu sulit terlebih di masa pandemi menuju normal seperti sekarang ini. Oleh karena itu diperlukan metode yang mendorong siswa untuk sering berlatih, bekerjasama dan berkolaborasi&nbsp; yang dapat menarik minat siswa untuk berlajar. Dengan bermain sambil belajar dari lingkungan&nbsp; di harapkan siswa tidak akan merasa jenuh.</p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil&nbsp; belajar kimia&nbsp; siswa SMA Negeri 1 Purworejo kelas XII MIPA 6&nbsp; materi sub pokok bahasan Benzena dan turunannya dan Senyawa&nbsp; Turunan Alkana . Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas.</p> <p>Penelitian ini dirancang dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap mulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas belajar meningkat dari kriteria baik dan sangat baik prasiklus sebesar 18,45 %, pada siklus 1 sebesar 45,45% dan pada siklus 2 sebesar 81,81%&nbsp; (2) hasil ketuntasan belajar meningkat, dari 38,71% sebelum siklus, sebesar 63,63% pada siklus 1&nbsp; dan 87,87% pada siklus 2.&nbsp; Berdasar hasil tersebut dan dengan indikator kinerja 80% maka hasil yang dicapai sudah memenuhi indikator kinerja sehingga tidak ada siklus selanjutnya.&nbsp; Oleh karena itu penggunaan metode ini bisa menjadi salah satu referensi guru untuk melaksanakan proses pembelajaran.</p> <p><strong>Kata kunci: </strong><em>blended learning</em>, projek kolaborasi aktivitas belajar dan hasil&nbsp;&nbsp; belajar.</p> Erna Umu Nurlela Copyright (c) 2022 TIWIKRAMA https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.sman1purworejo.sch.id/index.php/tiwikrama/article/view/25 Sat, 26 Nov 2022 00:00:00 +0000 PENGEMBANGAN MEDIA E-COMIC MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI PADA SEGITIGA SIKU-SIKU KELAS X SMA NEGERI 1 PURWOREJO https://jurnal.sman1purworejo.sch.id/index.php/tiwikrama/article/view/22 <p>Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan media E-comic Materi Persamaan Trigonometri di <br />Kelas X SMA Negeri 1 Purworejo. (2) Mengetahui efek potensial yang muncul dari pengembangan <br />Media E-Comic pada materi kelas X Perbandingan Trigonometri Pada Segitiga Siku-siku terhadap hasil <br />tes siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Development Research tipe Formative Evaluation<br />dengan Model ADDIE termasuk dalam penelitian serta pengembangan Research and <br />Development (R&amp;D). Subjek Penelitian adalah siswa Kelas X-I SMA Negeri 1 Purworejo Tahun <br />Ajaran 2022/2023 dengan 36 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini secara walkthrough, <br />observasi dan tes. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Penelitian ini menghasilkan media E-comic materi<br />perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku yang valid dan praktis. (2) Media E-comic yang <br />dihasilkan memiliki efek potensial yg positif terhadap hasil tes siswa, hal ini dapat dilihat dari siswa <br />yang mencapai KKM lebih dari 29 siswa.</p> Azizah Galuh Copyright (c) 2022 TIWIKRAMA https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.sman1purworejo.sch.id/index.php/tiwikrama/article/view/22 Fri, 25 Nov 2022 00:00:00 +0000 PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS VII TUNARUNGU SLB NEGERI PURWOREJO https://jurnal.sman1purworejo.sch.id/index.php/tiwikrama/article/view/21 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan <em>flash card</em> untuk meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa tunarungu kelas VII SLB Negeri Purworejo STahun Pelajaran 2017/2018. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi,tes dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus yang diawali dengan studi pendahuluan. Selama penelitian berlangsung peneliti menemukan bahwa pada pra siklus, tingkat kemampuan penguasaan kosakata siswa masih rendah yaitu 55% dalam rentang 40%-55%. Pada siklus I setelah siswa diberi tindakan dengan penggunaan <em>flash card, </em>tingkat kemampuan siswa meningkat menjadi 68,35% dan masuk pada kriteria sedang (56%-75%).Pada siklus II setelah siswa diberi tindakan berdasarkan pengamatan pada siklus I kemampuan penguasaan kosakata siswa meningkat menjadi 78,8% sehingga masuk dalam kriteria baik (76%-100%). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan <em>flash card</em> dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan meningkatkan penguasaan kosakata.</p> <p>&nbsp;</p> <p>Kata kunci: kemampuan penguasaan kosakata, anak tunarungu, media <em>flash card</em></p> Dhany Kristiawan Copyright (c) 2022 TIWIKRAMA https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.sman1purworejo.sch.id/index.php/tiwikrama/article/view/21 Fri, 25 Nov 2022 00:00:00 +0000 PENINGKATAN MINAT DAN KOMPETENSI BELAJAR MENGANALISA MANUSIA RUANG DAN WAKTU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MOTOKU NASIONALISME PADA SISWA KELAS X-E SMAN 1 PURWOREJO SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2022-2023 https://jurnal.sman1purworejo.sch.id/index.php/tiwikrama/article/view/20 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran sejarah Motoku Nasionalisme dapat meningkatkan minat belajar dan kompetensi menganalisa manusia dan waktu pada siswa kelas X-E SMA Negeri 1 Purworejo Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022-2023. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan non tes. Indikator kinerja yang digunakan adalah adanya peningkatan minat belajar dan peningkatan ketercapaian KKM minimal 85%.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh peningkatan minat belajar siswa yaitu dari prasiklus sebesar 68%, siklus 1 menjadi 85% dan siklus 2 menjadi 91%. Ketercapaian KKM juga meningkat dimana pada prasiklus yang mencapai KKM 51%, siklus 1 88% dan siklus 2 sebanyak 96%.</p> <p>Kata Kunci: model pembelajaran Motoku Nasionalisme, kompetensi siswa, minat belajar</p> Prijo Bekti P Copyright (c) 2022 TIWIKRAMA https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.sman1purworejo.sch.id/index.php/tiwikrama/article/view/20 Fri, 25 Nov 2022 00:00:00 +0000