IMPLEMENTASI LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERORIENTASI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM SIRKULASI KELAS XI MIPA 2 SMAN 1 PEKANBARU
Lusiana Sri Sunarti
Keywords:
LKPD, Guided Inquiry, kemampuan berpikir kritis, hasil belajarAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah Implementasi Lembar Kerja Peserta didik (LKPD) Berorientasi Model Pembelajaran Guided Inquiry dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada materi sistem sirkulasi Kelas XI MIPA 2 SMAN 1 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2015/2016?”. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Dari hasil penelitian kemampuan berpikir kritis berdasarkan jawaban LKPD peserta didik pada siklus I rata-rata sebesar 83,0 dengan predikat B kategori Baik meningkat pada siklus II menjadi 85,5 dengan predikat B kategori Baik. Ketuntasan peserta didik pada siklus I sebesar 91,6 dengan predikat A kategori Sangat Baik, mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 97,0 dengan predikat A kategori Sangat Baik. Dapat disimpulkan bahwa Implementasi LKPD berorientasi model pembelajaran guided inquiry dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik, keterampilan proses sains peserta didik, sikap peserta didik dan hasil belajar peserta didik.
Kata Kunci: LKPD, Guided Inquiry, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 TIWIKRAMA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.