IMPLEMENTASI LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERORIENTASI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM SIRKULASI KELAS XI MIPA 2 SMAN 1 PEKANBARU

Lusiana Sri Sunarti

Authors

Keywords:

LKPD, Guided Inquiry, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah Implementasi Lembar Kerja Peserta didik (LKPD) Berorientasi Model Pembelajaran Guided Inquiry dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada materi sistem sirkulasi Kelas XI MIPA 2 SMAN 1 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2015/2016?”.  Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Dari hasil penelitian kemampuan  berpikir kritis berdasarkan jawaban LKPD peserta didik pada siklus I rata-rata sebesar 83,0 dengan predikat B kategori Baik meningkat pada siklus II menjadi 85,5 dengan predikat B kategori Baik. Ketuntasan peserta didik pada siklus I  sebesar 91,6 dengan predikat A kategori Sangat Baik, mengalami peningkatan pada siklus II menjadi  97,0 dengan predikat A kategori Sangat Baik.  Dapat disimpulkan bahwa Implementasi  LKPD berorientasi model pembelajaran guided inquiry dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik, keterampilan proses sains peserta didik, sikap peserta didik dan hasil belajar peserta didik.

 

Kata Kunci: LKPD, Guided Inquiry, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar

Published

2022-05-13

How to Cite

Sri Sunarti, L. (2022). IMPLEMENTASI LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERORIENTASI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM SIRKULASI KELAS XI MIPA 2 SMAN 1 PEKANBARU : Lusiana Sri Sunarti . TIWIKRAMA, 1(1). Retrieved from https://jurnal.sman1purworejo.sch.id/index.php/tiwikrama/article/view/14