BUDAYA MELAYU MENAKAR KEBERHASILAN REVITALISASI BUDAYA MELAYU OLEH YUDHISTIRA MASSARDI MELALUI NOVEL ”PENARI DARI SERDANG”

Puji Handayani Pengawas SMA Cabang Dinas Wil. VIII Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah

Authors

Abstract

Novel “Penari dari Serdang” berkisah tentang seoarang pegiat seni yang ingin menghidupkan Kembali Budaya Melayu. Pertemuannya dengan seorang wartawan membuatnya semakin terobsesi untuk menjalankan revitalisasi Budaya Melayu yang pernah Berjaya. Telaah novel ini bertujuan untuk mengungkapkan upaya-upaya Yudhistira Massardi untuk mengangkat Kembali popularitas Budaya Melayu, menunjukkan cara-cara yang digunakannya dalam novel, dan menimbang keberhasilan upaya tersebut. Telaah novel ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan teknik deskriptif untuk mengungkapkan hasil analisis. Pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumen atas novel berjudul “Penari dari Serdang”. Data yang terkumpul disajikan secara deskriptif. Dari pengumpulan data diperoleh hasil bahwa novel “Penari dari Serdang” ini merupakan perpaduan kisah penyelamatan Budaya Melayu dengan kisah cinta yang dikemas secara terbuka.

Published

2022-11-25

How to Cite

Handayani, P. (2022). BUDAYA MELAYU MENAKAR KEBERHASILAN REVITALISASI BUDAYA MELAYU OLEH YUDHISTIRA MASSARDI MELALUI NOVEL ”PENARI DARI SERDANG” : Puji Handayani Pengawas SMA Cabang Dinas Wil. VIII Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah. TIWIKRAMA, 1(02). Retrieved from https://jurnal.sman1purworejo.sch.id/index.php/tiwikrama/article/view/19