PENINGKATAN MINAT DAN KOMPETENSI BELAJAR MENGANALISA MANUSIA RUANG DAN WAKTU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MOTOKU NASIONALISME PADA SISWA KELAS X-E SMAN 1 PURWOREJO SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2022-2023
Prijobekti Prasetijo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran sejarah Motoku Nasionalisme dapat meningkatkan minat belajar dan kompetensi menganalisa manusia dan waktu pada siswa kelas X-E SMA Negeri 1 Purworejo Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022-2023. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan non tes. Indikator kinerja yang digunakan adalah adanya peningkatan minat belajar dan peningkatan ketercapaian KKM minimal 85%.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh peningkatan minat belajar siswa yaitu dari prasiklus sebesar 68%, siklus 1 menjadi 85% dan siklus 2 menjadi 91%. Ketercapaian KKM juga meningkat dimana pada prasiklus yang mencapai KKM 51%, siklus 1 88% dan siklus 2 sebanyak 96%.
Kata Kunci: model pembelajaran Motoku Nasionalisme, kompetensi siswa, minat belajar
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 TIWIKRAMA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.