PENINGKATAN MINAT DAN KOMPETENSI BELAJAR MENGANALISA MANUSIA RUANG DAN WAKTU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MOTOKU NASIONALISME PADA SISWA KELAS X-E SMAN 1 PURWOREJO SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2022-2023

Prijobekti Prasetijo

Authors

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran sejarah Motoku Nasionalisme dapat meningkatkan minat belajar dan kompetensi menganalisa manusia dan waktu pada siswa kelas X-E SMA Negeri 1 Purworejo Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022-2023. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan non tes. Indikator kinerja yang digunakan adalah adanya peningkatan minat belajar dan peningkatan ketercapaian KKM minimal 85%.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh peningkatan minat belajar siswa yaitu dari prasiklus sebesar 68%, siklus 1 menjadi 85% dan siklus 2 menjadi 91%. Ketercapaian KKM juga meningkat dimana pada prasiklus yang mencapai KKM 51%, siklus 1 88% dan siklus 2 sebanyak 96%.

Kata Kunci: model pembelajaran Motoku Nasionalisme, kompetensi siswa, minat belajar

Published

2022-11-25

How to Cite

Bekti P, P. (2022). PENINGKATAN MINAT DAN KOMPETENSI BELAJAR MENGANALISA MANUSIA RUANG DAN WAKTU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MOTOKU NASIONALISME PADA SISWA KELAS X-E SMAN 1 PURWOREJO SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2022-2023 : Prijobekti Prasetijo. TIWIKRAMA, 1(02). Retrieved from https://jurnal.sman1purworejo.sch.id/index.php/tiwikrama/article/view/20