PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS VII TUNARUNGU SLB NEGERI PURWOREJO
Dhany Kristiawan SLB Negeri Purworejo [email protected]
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan flash card untuk meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa tunarungu kelas VII SLB Negeri Purworejo STahun Pelajaran 2017/2018. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi,tes dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus yang diawali dengan studi pendahuluan. Selama penelitian berlangsung peneliti menemukan bahwa pada pra siklus, tingkat kemampuan penguasaan kosakata siswa masih rendah yaitu 55% dalam rentang 40%-55%. Pada siklus I setelah siswa diberi tindakan dengan penggunaan flash card, tingkat kemampuan siswa meningkat menjadi 68,35% dan masuk pada kriteria sedang (56%-75%).Pada siklus II setelah siswa diberi tindakan berdasarkan pengamatan pada siklus I kemampuan penguasaan kosakata siswa meningkat menjadi 78,8% sehingga masuk dalam kriteria baik (76%-100%). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan flash card dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan meningkatkan penguasaan kosakata.
Kata kunci: kemampuan penguasaan kosakata, anak tunarungu, media flash card
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 TIWIKRAMA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.