PENING BERSAMA PROCOL (PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERSAMA PROYEK KOLABORASI ) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA BAGI SISWA KELAS XII MIPA-6 SEMESTER 5 SMAN 1 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Erna Umu Nurlaela
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa SMA Negeri 1 Purworejo kelas XII MIPA 6. Dalam mempelajari materi kimia, siswa perlu memahami konsep, dan penerapan di lingkungan sekitar secara nyata (kontekstual) untuk memecahkan suatu permasalahan kimia. Diperlukan banyak sekali latihan dalam reaksi-reaksi kimia. Akan tetapi , siswa cenderung kurang latihan sehingga menganggap kimia itu sulit terlebih di masa pandemi menuju normal seperti sekarang ini. Oleh karena itu diperlukan metode yang mendorong siswa untuk sering berlatih, bekerjasama dan berkolaborasi yang dapat menarik minat siswa untuk berlajar. Dengan bermain sambil belajar dari lingkungan di harapkan siswa tidak akan merasa jenuh.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kimia siswa SMA Negeri 1 Purworejo kelas XII MIPA 6 materi sub pokok bahasan Benzena dan turunannya dan Senyawa Turunan Alkana . Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas.
Penelitian ini dirancang dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap mulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas belajar meningkat dari kriteria baik dan sangat baik prasiklus sebesar 18,45 %, pada siklus 1 sebesar 45,45% dan pada siklus 2 sebesar 81,81% (2) hasil ketuntasan belajar meningkat, dari 38,71% sebelum siklus, sebesar 63,63% pada siklus 1 dan 87,87% pada siklus 2. Berdasar hasil tersebut dan dengan indikator kinerja 80% maka hasil yang dicapai sudah memenuhi indikator kinerja sehingga tidak ada siklus selanjutnya. Oleh karena itu penggunaan metode ini bisa menjadi salah satu referensi guru untuk melaksanakan proses pembelajaran.
Kata kunci: blended learning, projek kolaborasi aktivitas belajar dan hasil belajar.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 TIWIKRAMA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.