GERAKAN LITERASI SEKOLAH: IMPLEMENTASI LITERASI DALAM MEWUJUDKAN SEKOLAH LITERAT DI SMA NEGERI 1 WONOSOBO

Maryati

Authors

Keywords:

GLS, literasi, ,kepala sekolah

Abstract

Dalam proses perubahan menghadapi globalisasi dan digitalisasi, pendidikan karakter adalah sebuah keniscayaan karena bangsa yang mempunyai karakter yang kuat akan dapat mencapai tampuk peradaban dunia. Namun, dalam penerapannya tidak semudah yang dibayangkan karena harus dihadapkan pada proses perkembangan zaman yang serba digital sehingga masalah dan tantangan yang muncul lebih bersifat universal.

Salah satu upaya untuk menjawab tantangan tersebut yakni kemampuan literasi yang harus dimiliki oleh generasi penerus. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) SMA Negeri 1 Wonosobo yang meliputi tahap pembiasaan, tahap pengembangan dan tahap pembelajaran. Kesadaran mengenai literasi pada siswa harus dipaksakan dengan berbagai macam strategi sesuai dengan kondisi sekolah. Bagi siswa sekolah menengah, peran literasi sangatlah penting untuk memberi pengalaman belajar dan dasar mengembangkan kecakapan dirinya yang sekaligus sebagai bekal menghadapi dunia kerja atau perkuliahan kelak. Hal tersebut membuat kepala sekolah berupaya untuk meningkatkan kualitas literasi siswa, dengan mengembangkan budaya literasi melalui program yang mendukung. Kepala sekolah sebagai pemimpin sangat berpengaruh terhadap pelaksanaan implementasi Gerakan Literasi Sekolah.

Published

2023-07-31

How to Cite

Maryati, Y. (2023). GERAKAN LITERASI SEKOLAH: IMPLEMENTASI LITERASI DALAM MEWUJUDKAN SEKOLAH LITERAT DI SMA NEGERI 1 WONOSOBO: Maryati. TIWIKRAMA, 2(1). Retrieved from https://jurnal.sman1purworejo.sch.id/index.php/tiwikrama/article/view/32