PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PRAKTIK DEBAT BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) PADA PESERTA DIDIK KELAS X AK-2 SMKN 7 PURWOREJO

Riyani

Authors

Keywords:

problem based learning, debat, hasil belajar, motivasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan praktik debat  peserta didik secara kelas X AK-2 SMKN 7 Purworejo melalui model Problem Based Learning (PBL). Dari kenyataan berbahasa, seseorang lebih banyak berbicara dan mendengarkan, dan selebihnya barulah untuk menulis dan membaca. Dengan keterampilan debat yang dikuasai akan melatih mental peserta didik dalam berbicara, dalam menyikapi sebuah masalah, dalam mengemukakan pendapat/argumen dan dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara semi terstruktur. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini tes dan nontes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL terbukti mampu meningkatkan kemampuan motivasi dan hasil belajar praktik debat peserta didik. Penggunaan model PBL pada pembelajaran praktik debat dapat meningkatkan hasil belajar praktik debat pada kelas X-AK-2 tahun pelajaran 2021/2022. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan belajar pada siklus 1 sebesar 69% menjadi 100% pada siklus 2. Pada siklus 2 terjadi peningkatan motivasi dan sikap yang hasilnya menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaranpun peserta didik menjadi lebih aktif, antusias, disiplin, jujur dan mampu bekerja sama dan bertanggung jawab.

 

Published

2023-07-31

How to Cite

Riyani, R. (2023). PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PRAKTIK DEBAT BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) PADA PESERTA DIDIK KELAS X AK-2 SMKN 7 PURWOREJO: Riyani. TIWIKRAMA, 2(1). Retrieved from https://jurnal.sman1purworejo.sch.id/index.php/tiwikrama/article/view/36