Implementasi School Well Being di SMA Negeri 1 Purworejo
Nur Aziz
Abstract
Muara akhir dari mendidik adalah menuntun bakat untuk mencapai kebahagiaan yang setinggi tingginya seperti diutarakan oleh tokoh pendidikan kita Ki Hajar Dewantara. Proses pendidikan berlangsung di keluarga,masyarakat serta lebih khusus di sekolah. Oleh karena itu, sekolah merupakan entitas yang sangat penting untuk mengantarkan para siswa mencapai kebahagiaan yang setinggi tingginya. Upaya mewujudkan siswa mencapai kebahagiaan di SMA Negeri 1 Purworejo adalah dengan mengimplementasikan model school well being school well being yang terdiri dari 3 dimensi yaitu dimensi having (kondisi sekolah), loving (hubungan sosial), being (pemenuhan diri) dan health (kesehatan). Dalam pemenuhan keempat dimensi tersebut SMA Negeri 1 Purworejo melakukan dengan pengelolaan sarana prasarana, pembiayaan yang efektif, penguatan budaya sekolah dan budaya positif,penguatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan, pelaksanaan ekstrakurikuler, proyek pembelajaran yang mendantang dan fasilitasi dukungan kesehatan. Hasil implementasi school well being di SMA Negeri 1 Purworejo berdasarkan hasil survei ke siswa sejumlah 561 responden diperoleh penilaian bahwa 97% siswa menyatakan SMA Negeri 1 Purworejo adalah sekolah yang menyenangkan. Selanjutnya tingkat kebahagiaan siswa ketika berada di sekolah memperoleh skor 75 dengan kategori baik.
Kata Kunci : School well being, Bahagia, Menyenangkan
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 TIWIKRAMA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.