Model PBL dengan Strategi Window Shopping Meningkatkan Antusiasme Belajar Materi Inovasi Teknologi Biologi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Purworejoi

Arwina Setyaningsih

Authors

  • Arwina Setyaningsih SMA Negeri 1 Purworejo

Abstract

Proses pembelajaran yang dilakukan selama ini masih cenderung berpusat pada guru (teacher center). Metode pembelajaran monoton yang membuat siswa pasif, tidak semangat,tidak antusias dalam belajar dan rendahnya motivasi.oleh karena itu perlu upaya guru untuk melakukan pembelajaran bervariasi  guna meningkatkan antusiasme belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunaan adalah pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) dengan strategi Window shopping. Hasil implementasi pembelajaran ini didaptkan adanya peningkatan antusiasme belajar siswa yang ditunjukkanan dengan peningatan jumlah pertanyaan yang disampaikan siswa di kelas yaitu dari 2-3 pertanyaan saja menjadi 23 pertanyaan. Berdasarkan angket juga diperoleh hasil bahwa 98% siswa menyatakan menyukai pembelajaran yang dilakukan.

 Kata kunci: PBL, Window shopping, antusiasme belajar

Published

2024-05-26

How to Cite

Arwina Setyaningsih. (2024). Model PBL dengan Strategi Window Shopping Meningkatkan Antusiasme Belajar Materi Inovasi Teknologi Biologi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Purworejoi : Arwina Setyaningsih. TIWIKRAMA, 3(1). Retrieved from https://jurnal.sman1purworejo.sch.id/index.php/tiwikrama/article/view/43