Model PBL dengan Strategi Window Shopping Meningkatkan Antusiasme Belajar Materi Inovasi Teknologi Biologi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Purworejoi
Arwina Setyaningsih
Abstract
Proses pembelajaran yang dilakukan selama ini masih cenderung berpusat pada guru (teacher center). Metode pembelajaran monoton yang membuat siswa pasif, tidak semangat,tidak antusias dalam belajar dan rendahnya motivasi.oleh karena itu perlu upaya guru untuk melakukan pembelajaran bervariasi guna meningkatkan antusiasme belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunaan adalah pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) dengan strategi Window shopping. Hasil implementasi pembelajaran ini didaptkan adanya peningkatan antusiasme belajar siswa yang ditunjukkanan dengan peningatan jumlah pertanyaan yang disampaikan siswa di kelas yaitu dari 2-3 pertanyaan saja menjadi 23 pertanyaan. Berdasarkan angket juga diperoleh hasil bahwa 98% siswa menyatakan menyukai pembelajaran yang dilakukan.
Kata kunci: PBL, Window shopping, antusiasme belajar
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 TIWIKRAMA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.