Peningkatan Ketrampilan Guru dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka Melalui Supervisi Akademik dan Bimlat di SD Negeri Kenteng, Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo

Ninik Puji Rahayu

Authors

  • Ninik Puji Rahayu SD Negeri Kenteng, Banyuurip, Kab. Purworejo

Abstract

Tujuan penelitian tindakan sekolah ini adalah untuk meningkatkan Keteramplan Guru   dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka melalui Supervisi akademik  dan Bimlat pada Guru Kelas SD Negeri  Kenteng Kecamatan Banyuurip Kabupaten Purworejo. Penyususunan  modul ajar  disesuaikan dengan standar kompetensi masing-masing pelajaran agar dapat menjadi acuan dalam proses pembelajaran sehingga peserta didik mampu mencapai kriteria ketuntasan minimal yang diharapkan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan (Actoin Research) yang terdiri atas dua  siklus dan setiap siklus terdiri atas Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Penelitian tindakan sekolah ini dilakukan dengan cara  mengadakan pengamatan langsung terhadap aktivitas semua guru, lalu mendokumentasikan hasil pengamatan tersebut. Hasil prasiklus menunjukkan bahwa keterampilan guru dalam menyusin modul ajar masih sangat rendah, yakni mendapat skor rata-rata 6,18. Pada  siklus I peneliti sudah mengadakan pelatihan untuk memperbaiki keterampilan guru dalam menyusun modul ajar Kurikulum Merdeka di SD Negeri Kenteng. Penulis  berusaha mencari solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penulis mencari berbagai pendekatan yang cocok, dan akhirnya memilih sebuah pendekatan yang diberi nama Bimlat. Bimlat merupakan akronim dari Bimbingan dan Latihan. Hal ini dilakukan agar keterampilan guru dalam menyusun modul ajar meningkat. Hasil dari siklus  I, keterampilan guru dalam menyusun modul ajar Kurikulum Merdeka  mencapai skor  6,60 dengan predikat baik, Selanjutnya pada siklus II hasil observasi mencapai skor 7,62 artinya keterampilan guru dalam menyusun modul ajar kurikulum merdeka sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa supervisi akademik  dan Bimlat (Bimbingan dan Pelatihan)  sangat efektif untuk meningkatkan keterampilan guru dalam menyusun modul ajar Kurikulum Merdeka di SD Negeri Kenteng  Kecamatan Banyuurip Kabupaten Purworejo.

 Kata kunci: Keterampilan guru,, Supervisi Akademik, bimlat

Published

2024-05-26

How to Cite

Ninik Puji Rahayu. (2024). Peningkatan Ketrampilan Guru dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka Melalui Supervisi Akademik dan Bimlat di SD Negeri Kenteng, Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo: Ninik Puji Rahayu. TIWIKRAMA, 3(1). Retrieved from https://jurnal.sman1purworejo.sch.id/index.php/tiwikrama/article/view/45