Project Based Learning (PjBL) "DURIAN" Mengembangkan Kreativitas Siswa pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di SMA Negeri 1 Purworejo
Reni Susiana Dewi
Abstract
Mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan merupakan pelajaran dengan karakteristik pengembangan kreativitas dan penggunaan model pembelajaran berbasis proyek (Problem Based Learning). Pembelajaran prakarya dan kewirausahaan di SMA Negeri 1 Purworejo telah biasa menggunakan PjBL ini namun masih belum dapat memaksimalkan pengembangan kreativitas siswa. Strategi baru PjBL menggunakan PjBL DURIAN diharapkan dapat lebih mengoptimalkan pengembangan kreativitas siswa dalam pembelajaran prakarya dan kewirausahaan. Model pembelajaran berbasis DURIAN adalah strategi pembelajaran dengan langkah iDe – Uji coba – kolaboRasi – Inovasi – Aksi Nyata. Hasil implementasi PjBL DURIAN pada mata Pelajaran prakarya dan kewirausahaan di SMA Negeri 1 Purworejo dapat meningkatkan kreativitas siswa dengan indikator adanya peningkatan variasi produk ketika menggunakan PjBL sejumlah 9 variasi menjadi 20 variasi setelah menggunakan PjBL DURIAN. Jumlah ide yang dihasilkan sebelumnya 20 ide, setelah menggunakan PjBL DURIAN menjadi 35 ide. Hasil penilaian diri siswa setelah mengikuti PjBL DURIAN semua siswa menyatakan mudah dalam menngali ide.
Kata Kunci: PjBL, DURIAN, kreativitas
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 TIWIKRAMA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.